kamera CCTV

Tuesday 22 November 2011

Pengertian JSON


Apa yang dimaksud dengan JSON ?
Berdasarkan pengertian dari webnya . JSON adalah JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data (lightweight data-interchange format), mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 – Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.


JSON terbuat dari dua struktur:
-Kumpulan pasangan nama/nilai. Pada beberapa bahasa, hal ini dinyatakan sebagai objek (object), rekaman (record), struktur (struct), kamus (dictionary), tabel hash (hash table), daftar berkunci (keyed list), atau associative array.


-Daftar nilai terurutkan (an ordered list of values). Pada kebanyakan bahasa, hal ini dinyatakan sebagai larik (array), vektor (vector), daftar (list), atau urutan (sequence).


Memahami JSON di PHP.
Dalam artinya lain, JSON dapat kita katakan sebagai pemaketan data yang bertujuan untuk menjembatani antara antar muka dengan service background seperti database server, sama halnya dengan penggunaan xml. Dalam Json, yang kita perlu pahami hanya dua kunci yaitu key dan value. key kalau digambarkan secara sederhana adalah nama field dan value adalah isinya.


Documentasi Penggunaan JSON di php dapat dilihat yg lebih detailed di


Pada dasarnya Json sendiri adalah data berbentuk String untuk parsing-parsing data. kita dapat membuat Json hanya dengan menggunakan variabel string yang ditulis secara manual seperti dibawah ini


echo “{nama:’wilis’}”;


Penggunaan contoh diatas kurang dianjurkan karena tidak efesien, penggunaan yang dianjurkan adalah menggunakan fungsi json_encode


$result = Array() //definisi result sebagai array
$result['nama'] = “wilis”; //membuat array dengan key nama valuenya budi
echo json_encode($result); //mengubah array kedalam format json (string)


Menggunakan object


$result = new stdClass();
$result->nama = “wilis”;
echo json_encode($result);


http://nsafaat.wordpress.com/2011/09/07/menggunakan-json/

No comments:

Post a Comment